Hati-Hati Tanpa Sadar 3 Kebiasaan Ini Membuat Gigi Cepat Kuning

Banyak orang berusaha mendapatkan gigi berwarna putih cemerlang. Tidak jarang mereka rela merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh perawatan optimal di klinik gigi ternama. Selain itu, adapula yang menghabiskan waktu mencoba berbagai macam produk pemutih gigi yang marak beredar di pasaran. Bagaimana dengan Anda?

 

Saat sebagian besar orang beranggapan bahwa gigi berwarna putih bersih adalah sehat, para pakar justru mengatakan sebaliknya. Warna kekuningan pada gigi tidak selalu mengindikasikan tingkat kesehatan gigi yang buruk.

 

Warna ini justru menandakan tebalnya lapisan dentin. Bagian di bawah email ini berfungsi memberikan perlindungan pada syaraf gigi. Jika lapisannya tebal, maka resiko gigi sensitif dapat dikurangi. Sebaliknya, lapisan dentin yang tipis akan membuat syaraf gigi lebih mudah terkena pengaruh dari luar yang menimbulkan rasa tidak nyaman saat mengkonsumsi suatu makanan atau minuman dengan tingkat keasaman tinggi.

 

Akan tetapi, warna kuning karena lapisan dentin tebal tentu berbeda dengan warna kuning yang disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk sebagai berikut:

 

  • Penggunaan obat kumur yang terlalu sering

Produk obat kumur yang beredar di pasaran tidak semuanya selalu aman digunakan. Kandungan zat asam yang tinggi justru akan berdampak pada kerusakan lapisan email gigi. Terlebih lagi jika digunakan terlalu sering.

  • Terlalu banyak makan buah dengan kandungan asam tinggi

Makan buah sangat dianjurkan sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Akan tetapi, beberapa buah seperti jeruk, lemon, nanas memiliki kandungan asam cukup tinggi. Memakan buah-buahan tersebut terlalu banyak juga bisa mengikis lapisan email gigi sehingga warna gigi pun berubah menjadi kuning.

  • Menyikat gigi terlalu keras

Sebagian orang percaya bahwa menyikat gigi dengan keras akan mengoptimalkan kesehatan bagian penting dalam mulut tersebut. Akan tetapi, hal ini justru bisa merusak email gigi. Ditambah lagi kandungan detergen dalam pasta gigi sendiri juga memiliki sifat abrasif yang tentunya akan lebih cepat mengikis lapisan luar gigi.

 

Kebiasaan-kebiasaan baik bisa menimbulkan dampak buruk apabila tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan lagi bagaimana Anda merawat gigi sehari-hari.

 

Gosoklah gigi secara perlahan dengan menggunakan sikat dan pasta gigi yang sesuai kebutuhan. Jika ingin memakai obat kumur, pastikan pula kandungannya aman untuk penggunaan jangka panjang. Akan lebih baik untuk mengoptimalkan kebersihan gigi dengan menggunakan benang gigi. Kemudian, perbanyaklah minum air putih terutama jika Anda memang hobi mengkonsumsi makanan dan minuman dengan tingkat keasaman tinggi termasuk kopi, teh, jeruk dan nanas.

 

Apabila warna kuning pada gigi Anda disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang tidak sadar Anda lakukan setiap hari, tentu sangat dianjurkan untuk segera mengatasinya. Dengan begitu, Anda akan bisa menghilangkan penyebab kurangnya kepercayaan diri.

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menambahkan activated charcoal powder saat menggosok gigi. Bubuk arang aktif ini dapat mengikat noda kuning yang menempel pada gigi sehingga lebih mudah dibersihkan. Penggunaaan bubuk arang aktif, atau lebih populer dengan sebutan activated charcoal powder, telah menjadi salah satu cara efektif untuk mengembalikan warna alami gigi. Karena bahannya yang 100% alami dari kelapa organik, arang aktif (activated charcoal) telah menjadi trend di luar negri untuk mengembalikan warna gigi yang putih dan cerah. Pastikan Anda menggunakan bubuk arang yang berkualitas dan aman untuk digunakan. Salah satu merek terkenal di indonesia yang terjamin kualitas dan sudah FDA Approved adalah Denta Secret.