5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Cepat Kuning

Siapapun Anda tentu menginginkan gigi yang sehat serta tampak putih dan bersih. Akan tetapi, tanpa disadari perlahan warna tersebut berganti menjadi kekuning-kuningan. Walaupun sebenarnya, Anda termasuk seseorang yang rajin menggosok gigi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

                 

Apakah Anda tahu warna alami gigi? Ya, warna tersebut bukanlah putih cemerlang yang sering disebut-sebut dalam iklan pasta gigi di Televisi. Warna gigi ditentukan oleh lapisan bernama email dimana lapisan ini cenderung memiliki warna putih kebiruan. Selain itu, email juga memiliki tekstur yang tipis sehingga mudah sekali terkikis.

 

Semakin hilangnya lapisan email akan membuat lapisan di bawahnya yang disebut dentin tampak ke permukaan gigi. Bagian inilah yang sebenarnya cenderung memiliki tampilan berwarna kuning.

 

Proses pengikisan lapisan email gigi dan lebih terlihatnya bagian dentin tidak luput dari pengaruh beberapa kebiasaan sehari-hari, di antaranya:

 

  • Konsumsi minuman berwarna dan berkarbonasi

Apakah Anda seorang penyuka kopi, the dan minuman bersoda? Kafein dalam kopi dan teh tersebut tergolong tinggi. jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus, 2 hingga 3 kali dalam sehari, akan mempercepat proses pengikisan lapisan email. Sedangkan minuman berkarbonasi atau minuman soda sendiri mengandung asam dengan efek yang sama dengan kafein. Jika tidak dibersihkan dengan benar dan teratur, maka warna kuning akan terus menempel pada lapisan dentin.

 

Selain kafein, kandungan gula pada minuman-minuman tersebut juga mempengaruhi tingkat produksi asam yang dilakukan oleh bakteri dalam mulut. Akibatnya, warna gigi tidak hanya menguning tetapi strukturnya menjadi lebih rapuh sehingga mudah berlubang dan menimbulkan penyakit lainnya pada gigi.

 

  • Menghisap rokok

Pernahkah Anda secara tidak sengaja melihat kondisi gigi perokok aktif? Rata-rata mereka memiliki warna gigi cenderung kuning dan bahkan sudah terlihat kecoklatan hingga hitam. Kondisi ini disebabkan tidak lain karena banyaknya nikotin dan tar pada tembakau yang menempel pada email gigi. Efek ini bisa berlangsung lebih cepat dibandingkan kebiasaan minum kopi.

 

  • Makan buah dengan kandungan asam tinggi

Ada banyak buah yang memiliki kandungan vitamin tinggi dan sering dibuat jus untuk lebih mudah dikonsumsi. Namun, beberapa di antaranya ternyata juga mengandung zat asam yang cukup tinggi sehingga dapat mempengaruhi warna gigi apabila dikonsumsi terlalu sering. Misalnya saja jeruk, nanas, tomat, lemon dan beri.

 

  • Menggunakan obat kumur terlalu sering

Obat kumur sering disandingkan dengan pasta gigi. Produk ini memang diformulasikan untuk membantu proses pembersihkan gigi lebih menyeluruh. Akan tetapi, kandungan asam yang tinggi pada obat kumur juga akan merusak bagian email gigi. Mulut juga cenderung kering karena kelembapannya kurang dan air liur tidak bisa bekerja secara maksimal dalam menjaga kondisi gigi dan mulut.

 

  • Gosok gigi terlalu keras

Sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara menggosok gigi dengan benar. Tekanan yang terlalu keras dan sering ternyata juga bisa membuat gigi terlihat kuning karena lapisan email lebih cepat rusak sehingga bagian dentin akan kelihatan.

 

Tidak semua orang bisa benar-benar meninggalkan beberapa kebiasaan yang menyebabkan gigi berwarna kuning di atas. Namun, setidaknya Anda bisa mengurangi dampak negative tersebut dengan mengurangi intensitasnya. Selain itu, penggunaaan bubuk arang aktif, atau lebih populer dengan sebutan activated charcoal powder, telah menjadi salah satu cara efektif untuk mengembalikan warna alami gigi. Karena bahannya yang 100% alami dari kelapa organik, arang aktif (activated charcoal) telah menjadi trend di luar negri untuk mengembalikan warna gigi yang putih dan cerah. Pastikan Anda menggunakan bubuk arang yang berkualitas dan aman untuk digunakan. Salah satu merek terkenal di indonesia yang terjamin kualitas dan sudah FDA Approved adalah Denta Secret.